Sabtu, 20 April 2013

PAUD MEMBACA AL-QUR'AN


Mengingat pentingnya untuk menanamkan pendidikan agama sejak dini. Dan salah satu pendidikan yang perlu mendapat perhatian serius, adalah membaca Al-Quran. Setiap orang tua harus menyadari bahwa mengajarkan Al-qur’an kepada anak adalah suatu kewajiban mutlak dan harus dilaksanakan sejak dini agar ruh Al-qur’an dapat membekas dalam jiwa mereka. Selain itu untuk kepentingan bacaan sholat, anak-anakpun wajib mengetahui dan dapat membaca surat Al-Fatihah dan lainnya yang menjadi keperluan dalam sholat. Dengan adanya tuntunan shalat, maka mutlak bagi orang tua wajib memberi pendidikan Al-qur’an kepada anaknya. Pada masa sekarang ini, pembelajaran membaca Al-qur’an pada Anak Usia Dini dapat diberikan dengan cara pembelajaran metode iqra’, dan metode ini banyak memberikan hasil positif bagi perkembangan dan kemampuan membaca Al-qur’an untuk Anak Usia Dini. Oleh karena itu, memperkenalkan Al-qur’an pada anak usia dini harus dilakukan sejak dini. Agar anak dapat tumbuh sebagai anak yang berbudi baik dan dapat menghargai agamanya.
Oleh karena itu pembelajaran Al-qur’an  di PAUD LESTAR Kekait Daye tidak hanya dilakukan disekolah pada saat jam belajar tapi juga dilaksanakan baqda magrib setiap malamnya, ini diharapkan agar peserta didik bisa dengan cepat mengenal huruf hija’iyah dan bisa membaca Al-qur’an dengan cara baik dan benar. Dengan adanya pembiasaan rutin pada anak untuk mengenal alqur’an, maka aspek spritual anak akan berkembang dengan baik.
Budaya membaca Al-Quran harus dilakukan kepada generasi muda sejak usia dini. Hal itu dilakukan untuk membiasakan anak-anak agar gemar membaca Al-Quran. "Bahkan masih bayi pun, anak-anak perlu dibiasakan mendengar lantunan ayat-ayat Al-Quran,". Dalam pandangan islam, segala sesuatu yang dilaksanakan tentulah memiliki dasar hukum yang baik. Berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan Anak Usia Dini, Allah SWT berfirman yang artinya : “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui satu apapun, dan diamemberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”(An-Nahl : 78).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar